WELCOME TO MY BLOG | Please follow my blog and give criticism if there is a shortage in my blog | Share Game , RF PvP , Artikel , EBook , etc | Terus ikuti perkembangan perkembangan dalam blog saya ini | FB : search : Dika Catur Susilo | YM : dicka.swtlah | Twitter : @dikacaturs | Thanks before your visited my blog :D

efek

twitter

Pasang Iklan disini

Pasang Iklan Disini

Senin, 24 Januari 2011

INSTAL LINUX di USB



Bagi pengguna PC/notebook dengan fasilitas optical drive(cd/dvdrom) di dalamnya tentu ga terlalu dipusingkan dengan masalah instalasi system operasi, karena dapat melakukan instalasi dengan menggunakan CDIntalasi, tp gimana ama para pengguna NETBOOK yang tidak memiliki fasilitas optical drive di netbook mereka?

Instalasi Operating System Linux saat ini menjadi lebih mudah dengan adanya fitur untuk melakukan instalasi via USB, ya.. instalasi linux via flashdisk atau harddisk eksternal. Jadi apabila kalian tidak memiliki optical drive, kalian tidak perlu lagi berkecil hati, karena dengan fitur yg tsb instalasi bisa dilakukan tanpa optical drive, tapi cukup menggunakan flashdisk.

Sebenarnya Ubuntu sudah memasukkan fitur tsb, hanya saja yang akan kita bahas kali ini adalah instalasi linux via usb dengan sebuah tool yang bernama UnetBootin. Sangat mudah, cepat dan userfriendly.

Apa itu UnetBootin ? silahkan merujuk ke situs http://id.wikipedia....wiki/UNetbootinuntuk informasi yg lebih detil. Unetbootin tersedia untuk platform windows dan linux.

Applikasi Unetbootin dapat kalian download melalui link di bawah ini :

Versi Windows : http://unetbootin.so...dows-latest.exe

Versi Linux : http://unetbootin.so...in-linux-latest
gimana sih cara pake nya??

UnetBootin




Sebelum menggunakan Software ini, silahkan kalian menancapkan USB/hardisk eksternal yang akan di jadikan Media Instalasi. Klo udah silahkan ikuti langkah2 berikut :

1. Ada 3 fitur, fitur pertama kita memilih distribusi linux yang ada, fitur kedua adalah menggunakan cd image linux yang sudah kita siapkan, dan fiturketiga kita bisa meng-customize kernel, initrd sesuai dengan keinginan.

2. Kita akan menggunakan fitur yang kedua, oleh karena itu kita memerlukan sebuah file image linux (iso linux) yang akan kita jadikan file sumber.

3. Kita cheklist pilihan diskimage, selanjutnya cari image linux (iso linux) yg akan digunakan.

4. Langkah selanjutnya adalah memilih media untuk instalasi, apakah menggunakan flashdisk/harddisk. Disini kita akan menggunakan flashdisk 4 GB..

5. Tekan OK, file image akan diekstrak ke flashdisk anda.

6. Setelah selesai, restart pc/laptop anda.

7. Masuk ke BIOS, setting first booting pc/laptop anda agar booting dari usb flashdisk

8. Instalasi akan berjalan sama seperti anda melakukan instalasi dengan menggunakan media cd.

Mudah kan,. ? semoga bermanfaat,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar